10 Manfaat Susu Kambing Murni - Kota Kediri

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Tapi, tahukah Anda, selain makanannya yang enak dan susu yang berasal dari hewan juga enak untuk diminum. Bukan hanya soal rasa, kualitas dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi pengganti susu sapi maupun susu nabati.

 

Susu kambing memiliki jumlah kalsium, protein, dan zat penting lainnya yang lebih tinggi untuk tubuh daripada susu sapi yang biasa dikonsumsi. Berdasarkan laporan United States Department of Agriculture (USDA) berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing dan susu sapi. Berdasarkan penelitian perbandingan susu kambing vs susu sapi terlihat bahwa kandungan kalsium, magnesium protein, fosfor, magnesium dan kalium pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu, keunggulan susu kambing adalah ramah terhadap pencernaan manusia. Lebih mudah dicerna, dan memiliki prebiotik tingkat tinggi untuk memberi makan bakteri menguntungkan di saluran pencernaan Anda.

 

Sayangnya, susu kambing yang murni dan turunannya sulit ditemukan untuk dibeli. Hal ini disebabkan produksi susu kambing perah jauh lebih rendah dibandingkan dengan sapi perah. Oleh karena itu, tidak terlalu mengherankan jika ambing kambing memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ambing sapi. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengganti konsumsi susu harian Anda dengan susu kambing, berikut 10 keuntungan minum susu kambing murni dan olahan yang perlu diketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk membangun jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing memiliki kadar protein yang lebih tinggi daripada susu sapi atau susu nabati. Jumlah protein yang ditemukan dalam susu kambing mencapai 9g tetapi pada susu sapi adalah 8 gram. Untuk susu nabati, seperti susu kedelai, mengandung sekitar 6-7 gram protein, sedangkan susu almond mengandung 0-1 gram protein. Selain itu susu kambing bisa membantu memenuhi asupan protein harian Anda dan juga sebagai pengganti susu sapi. Namun, tentunya tetap dilengkapi dengan sumber protein lain seperti daging, telur, dan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Ya, mineral selenium yang ada pada susu kambing terbilang cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh Anda bekerja sebagai antioksidan. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi peradangan. Dengan demikian, pentingnya selenium untuk memastikan kesehatan tubuh Anda tidak boleh diabaikan. Karena kandungan selenium dalam susu kambing dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap segala variasi cuaca dan tingkat aktivitas sehari-hari, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Segelas susu kambing untuk diet pilihan Anda bisa menguatkan tubuh dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang setelah minum susu mengalami kram perut, diare dan mulas. Selagi mereka sehat, tubuh Anda akan menjadi lemah karena mengonsumsi susu. Hal ini paling sering disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa yang terkandung dalam susu dengan baik, yang dapat menyebabkan alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang mengandung laktosa dan tinggi protein diyakini jauh lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan dibandingkan susu sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing menyebabkan reaksi alergi yang lebih rendah daripada susu sapi. Namun, alangkah baiknya bagi mereka yang memiliki riwayat atau riwayat alergi susu untuk berkonsultasi dengan ahli medis profesional demi keamanan. Prebiotik yang merupakan komponen utama dalam susu kambing juga dapat membantu memastikan bakteri baik masuk ke dalam sistem pencernaan, sehingga dapat mempertahankan kadar normalnya atau bahkan meningkat sehingga memperlancar metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Susu bukan hanya sumber protein yang sangat baik, alasan utama orang mengkonsumsi susu adalah untuk kebutuhan harian kalsium bagi tubuh. Ini karena pentingnya kalsium dalam menjaga kesehatan tulang. Menurut tabel perbandingan gizi diatas 1 cangkir (237 mililiter) dari susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Sebanyak 51 mg lebih banyak dari kalsium pada susu sapi. Ini berarti menambahkan susu kambing ke dalam makanan akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 di Rusia mengungkapkan bahwa Rusia memberikan 400 ml susu kambing per Setiap hari, 42 orang lanjut usia diperkirakan memiliki efek positif pada metabolisme tulang. Ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering mematikan. Untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, ada banyak yang sehat kebiasaan yang bisa Anda ikuti, mulai dari berolahraga dan menerapkan pola makan yang lebih sehat termasuk menambahkan susu kambing ke dalam makanan sehat yang Anda konsumsi.

 

Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh (tunggal maupun ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat mencegah berbagai bentuk penyakit jantung. Selain itu kandungan magnesium pada susu kambing juga baik untuk menjaga detak jantung normal dan menghentikan pertumbuhan kadar kolesterol sehingga jantung bisa lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, penting untuk melacak asupan kalsium Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, kalsium juga penting untuk membantu perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari kalsium yang diserap oleh jaringan tubuh, sekitar 99% disimpan di gigi dan tulang. Kalsium digunakan untuk pembentukan jaringan gigi serta menjaga kesehatan gigi Anda. Jika Anda tidak ingin gigi Anda rusak dan membusuk, maka pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak minuman dan makanan yang tinggi kandungan kalsium. Susu kambing bisa menjadi pilihan Anda untuk sumber kalsium untuk dikonsumsi sehari-hari. Jumlah kalsium dalam susu kambing akan memenuhi 33% dari kebutuhan nutrisi harian. Itu lebih dari susu sapi yang hanya memiliki 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung asam linoleat yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa minum susu kambing membantu mengurangi kolesterol dalam kantong empedu dan arteri. Hasilnya, penderita kolesterol dan mereka yang menjaga kadar kolesterol dapat menikmati pilihan susu yang lebih aman untuk diminum. Manfaat lain susu kambing murni dalam menjaga kadar kolesterol normal adalah membantu mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), stroke dan serangan jantung.

 

8. Kulit halus dan sehat.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan banyaknya produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing, mulai dari produk sabun mandi, lulur, dan lainnya. Susu Kambing yang kaya akan asam lemak, asam laktat dan vitamin A diduga dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

 

Jika Anda sedang mencari produk makeup kulit halus yang terbuat dari susu kambing bisa menjadi pilihan ideal. Kandungan pH susu kambing identik dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak menyebabkan kerusakan kulit dan aman untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, asam laktat yang ada dalam susu kambing memberikan kelembapan maksimal pada kulit, sehingga cocok untuk orang yang memiliki masalah dengan kulit kering. Kandungan lainnya seperti vitamin A dan asam lemak dapat memperbaiki tampilan permukaan kulit, serta mengangkat sel-sel mati.

 

9. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah studi tahun 2002 mengungkapkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan secara lebih optimal.

 

Kebalikannya berlaku untuk susu sapi yang sebenarnya bermasalah dengan tubuh menyerap tembaga dan besi bersama dengan makanan lain. Kesimpulannya, dikatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang dilengkapi dengan segelas susu kambing dapat membantu tubuh Anda menyerap semua nutrisi tanpa membuang semuanya.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Cobalah minum segelas susu kambing hangat, sebelum memejamkan mata dan tidur. Kandungan asam amino tryptophan pada susu kambing sangat membantu dalam produksi hormon serotonin tubuh. Hormon serotonin sangat penting dalam menjaga stabilitas suasana hati serta untuk meningkatkan relaksasi dan membantu produksi hormon melatonin, juga dikenal sebagai hormon tidur. Selain itu, meminum segelas susu kambing sebelum tidur diyakini dapat membantu tidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

 

Manfaat susu kambing murni dan hasil olahannya sudah tidak diragukan lagi berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Keunggulannya dibandingkan susu kambing dibandingkan dengan susu nabati atau susu sapi telah terbukti secara klinis. Dimulai dengan tingginya kandungan protein, sodium magnesium, kalsium, dan potasium, tidak ada yang bisa mengalahkan produk susu kambing. Dengan demikian, Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengonsumsi susu kambing sebagai tambahan kebutuhan nutrisi harian Anda. Banyaknya manfaat susu kambing murni dapat membantu Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Bukan hanya daya tahan tubuh yang kuat, tetapi juga mampu menurunkan risiko berbagai jenis penyakit mematikan, seperti stroke, dan serangan jantung.

 

Selain melindungi dari dalam, keunggulan susu kambing murni adalah sebagai tambahan.

 

Dari luar, Anda dapat melihat gigi yang sehat dan tampilan kulit yang cerah, lembab, dan lembut yang menyempurnakan penampilan Anda dalam aktivitas olahraga.Meskipun menemukan ambing kambing murni bukanlah tugas yang mudah Ada banyak peternakan tepercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, seukuran botol, dan bahkan bubuk dengan harga berbeda.

 

Harga susu kambing yang dijual di pasaran adalah arodan Rp. 44.000-85.000 untuk 200 gram susu kambing murni bubuk. Rp. 6.600-10,00 per 200 ml susu kambing beku atau kemasan. Jika Anda membandingkan harga susu kambing dengan susu sapi, mungkin harganya lebih mahal. Namun, jika Anda mempertimbangkan nilai gizi susu kambing, yang juga lebih tinggi dari susu sapi dan susu nabati, biayanya bisa dibandingkan dengan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan darinya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

PT Unicon Precast Concrete Pemagaran Pagar Beton & Udicth di Jawa Tengah Indonesia dengan Kualitas

Rancangan Rumah Tipe 36 Mungil 2 Kamar

6 Perawatan Setelah Operasi Katarak Ini Harus Dilakukan